Bawaslu Kota Jakarta Timur, Penguatan Fasilitasi Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi Pengawasan

Bawaslu Kota Jakarta Timur, Penguatan Fasilitasi Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi Pengawasan

Bawaslu Jakarta Timur – Dalam rangka meningkatkan kualitas penyelenggara kegiatan pemerintah, termasuk penyelenggaraan  pemilu serta mendukung pelaksanaan reformasi birokrasi, dikenal adanya asas-asas umum pemerintahan yang baik, satu diantaranya adalah asas keterbukaan dan asas akuntabilitas

Asas keterbukaan merupakan asas  yang melayani masyarakat untuk mendapatkan akses dan memperoleh informasi yang benar, jujur, dan tidak diskriminatif dalam penyelenggaraan pemerintahan dengan tetap memperhatikan perlindungan atas hak asasi pribadi, golongan, dan rahasia. Asas akuntabilitas merupakan asas yang menentukan bahwa setiap kegiatan dan hasil akhir dari kegiatan penyelenggara negara harus dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat atau rakyat sebagai pemegang kedaulatan tertinggi negara sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Akuntabilitas dan Keterbukaan informasi pemilu merupakan kewajiban penyelenggara pemilu yang wajib dilaksanakan dari hulu hingga hilir

Dalam tugas, wewenang dan tanggung jawab Bawaslu sebagaimana diatur Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, Bawaslu dituntut menjadi lembaga yang terbuka, akuntabel, dan transparan. Tupoksi Bawaslu sangat berkaitan dengan keterbukaan informasi terkait hak warga negara untuk mengetahui dan mengakses informasi publik. Dalam menjalankan tugasnya, Bawaslu memproduksi dan menguasai informasi dan dokumentasi yang berkaitan dengan pemangku kepentingan pemilu. Transformasi kebijakan informasi publik adalah salah satu fokos perhatian Bawaslu. Hal itu diwujudkan di antaranya dengan revisi hukum kepemiluan, keterbukaan informasi publik.

Penganugrah sebagai Badan Publik Informatif kepada Bawaslu RI yang berada di peringkat tiga secara nasional dalam mengelola dan melayani informasi publik, merupakan prestasi yang harus diapresiasi dan diteruskan oleh jajaran Bawaslu dibawahnya, penganugerahan predikat Badan Publik Informatif tersebut menjadi motivasi bagi Bawaslu dan jajaran Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kabupaten/Kota untuk terus menjaga komitmen sebagai lembaga negara yang terbuka dan akuntabel.

Komitmen tersebut tentu sangat penting diwujudkan di tahun pemilu seperti saat ini. Keterbukaan Bawaslu diharapkan dapat menciptakan proses dan hasil pemilu yang tepercaya.

Menindaklanjuti komitmen sebagai lembaga publik informatif, Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kota termasuk Bawaslu Kota Jakarta Timur sedang berbenah dalam fasilitasi Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi Pengawasan*

Bawaslu Kota Administrasi Jakarta Timur telah memiliki media informasi berupa website dengan alamat “jakartatimur.bawaslu.go.id” sebagai media untuk menyampaikan informasi terkait kegiatan pengawasan dan penindakan yang dilakukan oleh Bawaslu Kota Jakarta Timur.

Pada hari Kamis tanggal 12 September 2018, dilaksanakan rapat koordinasi penguatan fasilitasi pengelolaan informasi dan dokumentasi pengawasan, Pimpinan Bawaslu DKI Jakarta Ibu Siti Khopipah, Koordinator Divisi Humas dan Hubungan Antar Lembaga , melakukan supervisi di Bawaslu Kota Jakarta Timur terkait dengan PPID dan Pembuatan Website Bawaslu Kota. Penguatan fasilitasi pengelolaan informasi dan dokumentasi pengawasan diataranya pengelolaan website yang sedang dikembangkan oleh Bawaslu DKI Jakarta dan jajaran Bawaslu Kabupaten/Kota, hal tersebut juga dilakukan dalam rangka persiapan Bawaslu Kota/Kabupaten yang sudah bersifat permanen dan akan menjadi satuan kerja tersendiri.

Dalam supervisinya Ibu Khopipah menyampaikan harapan Bawaslu Kota untuk dapat mengembangkan dan menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya pengelolaan informasi publik di tingkat kota/kabupaten, pembuatan website yang sudah berjalan agar dilakukan pengkayaan konten dan materi yang bersifat nasional juga  yang bersifat
lokal. Penguatan pengelolaan informaai dan dokumen yang bertujuan  untuk memberikan informasi kepada masyarakat dalam menciptakan citra yang baik bagi Bawaslu sebagai lembaga pengawas pemilu. Informasi yang diberikan melalui laman website PPID adalah terkait dengan kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Bawaslu Kota Jakarta Timur diantaranya peningkatan kapasitas, pembenahan kelembagaan dan peningkatan sosialisasi pengawasan partisipatif dan kegiatan dalam tugas, kewenangan dan kewajiban Bawaslu Kota.

Terkait PPID, agar Bawaslu Kota menyiapkan dan menginformasikan kelengkapan PPID yang sudah antara lain, Struktur PPID, Surat Keputusan PPID, alur Standar Operasional Prosesur pelayanan PPID. Penyiapan dokumen-dokumen terkait,  mengumpulkan, menginvertarisir, dan menyaring informasi atau data-data pelaksanaan Pemilu yang bisa dipublikasi atau dikonsumsi oleh masyarakat, hal ini dilakukan untuk mempermudah masyarakat dalam menyerap informasi yang diberikan melalui website Bawaslu Kota Jakarta Timur.

Ketua Bawaslu Kota Jakarta Timur, Sakhroji menyatakan pengelolaan informasi dan dokumentasi sedang ditingkatkan dan dikembangkan melalui wesite: jakartatimur.bawaslu.go.id, dengan menambahkan konten dan materi serta berita kegiatan yang bersifat kewilayahkan provinsi dan konten lokal di lingkungan Bawaslu Kota Jakarta Timur, termasuk Kami dalam proses menginvetarisir dokumen- dokuman yang dapat disampaikan kepada publik, halmana dalam hal keterbukaan informasi publik ada beberapa jenis dokumen antara lain:

  • informasi yang wajib disediakan dan diumumkan secara berkala;
  • informasi yang wajib diumumkan secara serta merta;
    *informasi yang wajib tersedia setiap saat;
  • informasi yang dikecualikan;
  • informasi yang diperoleh berdasarkan permintaan

Harapan kedepan dengan penguatan fasilitasi pengelolaan informasi dan dokumentasi pengawasan serta melakukan
pengelolaan dan pelayanan informasi publik kepada masyarakat dengan baik dilingkungan Bawaslu Provinsi DKI Jakarta maupun Bawaslu Kabupaten/Kota dibawahnya, akan dapat mengikuti jejak yang didapatkan Bawaslu RI mendapatkan anugrah penghargaan sebagai Lembaga Publik Informatif.

Editor:
Sakhroji, SH
Romi Maulana

Fotografer : Fadlan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *