Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Jakarta Timur bersama jajaran pengawas Pemilu Se-Kota Jakarta Timur siap mengawasi seluruh TPS pada Pemilu Serentak 2024

Pelantikan PTPS di Kecamatan Pulogadung

Suasana Pelantikan Pengawas TPS Se-Kecamatan Pulogadung

Jakarta, Bawaslu Jakarta Timur - Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) resmi dilantik 22 Januari 2024. Secara serentak  seluruh pengawas Pemilu Kecamatan se-Kota Jakarta Timur resmi melantik sebanyak 8.812 pengawas TPS untuk Pemilu 2024 di kecamatan masing-masing dengan rincian Kecamatan Cakung: 1591 PTPS, Duren Sawit: 1246 PTPS, Pulogadung: 830 PTPS, Matraman: 517 PTPS, Jatinegara: 906 PTPS,  Makasar: 588 PTPS, Kramatjati: 848 PTPS, Cipayung: 803 PTPS dan Ciracas: 863 PTPS dan Pasar Rebo: 620 PTPS. 

Bawaslu Jakarta Timur bersama jajaran pengawas Pemilu Se-Kota Jakarta Timur siap mengawasi seluruh TPS pada Pemilu Serentak 2024. Pengawas TPS yang telah di dilantik dan diambil sumpah janjinya untuk bertugas mengawasi seluruh TPS se-Kota Jakarta Timur merupakan ujung tombak pengawas pemilu serta garda terdepan dalam proses pemungutan dan penghitungan suara  dan energi baru untuk Bawaslu Jakarta Timur dalam menjalankan fungsi pencegahan dan Pengawasan Pemilu 2024.

Pengawas TPS berperan penting dalam penyelenggaraan Pemilu 2024. Pengawas TPS pun dibebani sejumlah tugas dan kewajiban demi kelancaran Pemilu 2024, di antaranya melakukan pencegahan dugaan pelanggaran pemilu, melaksanakan Pengawasan tahapan pemungutan dan penghitungan surat suara Pemilu, Pengawasan pergerakan hasil penghitungan suara hingga tempat rekapitulasi surat suara tingkat kecamatan.

Selain itu, pengawas TPS juga dapat merimaan laporan dan/atau temuan dugaan pelanggaran Pemiluserta menyampaian laporan dan/atau temuan dugaan pelanggaran Pemilu atau pemilihan kepada Panwaslu Kecamatan/Panwas Kecamatan melalui Panwaslu Kelurahan/Desa/PPL. Harus menjaga hak pilih di TPS tempat bapak/ibu, serta mengirim laporan hasil pengawasan ke sistem siwaslu itu adalah tugas dari bapak/ibu, kami harap di kecamatan Jatinegara tidak ada kejadian2 atau pelanggaran2 di wilayah Jatinegara yg menyebabkan PSU atau lainnya.

Editor : Humas

Photografer : Humas