Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Jakarta Timur Melaksanakan Pengawasan terhadap Proses Pendaftaran Calon Anggota PPS yang sedang Dilakukan KPU Jakarta Timur

Jakarta, Bawaslu Jakarta Timur - Anggota Bawaslu Jakarta Timur Prayogo Bekti Utomo didampingi staf teknis Bawaslu Jakarta Timur Fadhlil Wafi melaksanakan pengawasan secara melekat proses pendaftaran Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilu tahun 2024 di kantor sekretariat KPU Jakarta Timur, Jakarta (27/12/22)

Prayogo, Koordinator Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Jakarta Timur, mengatakan bahwa pengawasan terhadap perekrutan anggota PPS yang sedang dilakukan KPU Jakarta Timur menjadi bagian dari tugas Bawaslu Kota Jakarta Timur.

Prayogo menyampaikan, berdasarkan informasi yang diterima dari petugas Help desk KPU Jakarta Timur hingga tanggal 27 Desember 2022 KPU Jakarta Timur telah menerima kurang lebih sebanyak 1700 pelamar calon anggota PPS Pemilu tahun 2024 dari 195 anggota PPS yang di butuhkan Se-Kota Jakarta Timur. Pendaftaran calon anggota PPS akan di buka sampai dengan tanggal 30 Desember 2022.

Dalam pengawasannya, Prayogo juga melaksanakan monitoring secara langsung aplikasi SIAKBA yang digunakan KPU Jakarta Timur. Dimana proses pendaftaran calon anggota PPS, pelamar meng-upload data ke sistem Siakba terlebih dahulu, setelah itu ditindaklanjuti operator Siakba KPU Jakarta Timur terkait kelengkapan berkas pelamar calon PPS melalui Email. Setelah itu Petugas akan memverifikasi setiap data pelamar yang yang sudah lengkap.

Selanjutnya, Bawaslu Kota Jakarta Timur masih akan terus melakukan pengawasan proses rekrutmen PPS di Jakarta Timur hingga penetapan dan pelantikan PPS terpilih tanggal 24 Januari 2023. Pengawasan ini dilakukan guna memastikan KPU Jakarta Timur melakukan rekrutmen PPS sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Editor : Humas

Penulis : Tuharyadi

Fotografer : Fadlil Wafi

Tag
Berita Bawaslu
Galeri Foto