Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Kota Jakarta Timur ajak pengawasan partisipatif dalam tahapan pemutakhiran data pemilih dan penyusunan daftar pemilih

Jakarta, Bawaslu Jakarta Timur - Dalam rangka meningkatkan pemahaman terkait pengawasan partisipatif, Bawaslu Kota Jakarta Timur menyelenggarakan kegiatan Rapat Koordinasi Pengawasan Pemilu Partisipatif dengan tema Pengawasan Tahapan Pemutakhiran Data Pelilih dan Penyusunan Daftar Pemilih pada Pemilu Serentak Tahun 2024. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Hotel Leisure Inn Arion Rawamangun, 28 Februari 2023.

Ketua Bawaslu Kota Jakarta Timur menyatakan, Pengawasan partisipatif dapat dilakukan disemua tahapan pemilu, baik tahapan verifikasi faktual calon anggota DPD, maupun pengawasan tahapan pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih.

Sitti Rakman, anggota Bawaslu Provinsi DKI Jakarta juga menyatakan terlait pentingnya pengawasan partisipatif di semua tahapan. “Pentingnya pengawasan terkait data pemilih sebab data pemilih adalah data agregat sebagai basis data yang digunakan pemilih untuk memilih/mencoblos”.

Selain itu pengawasan partisipatif yang dapat dilakukan oleh masyarakat pada tahapan saat ini adalah dengan mengecek apakah sudah masuk sebagai daftar pemilih, melalui website DPT online.

Lebih lanjut Muh Afit Khomsani, Ketua Netfid Indonesia yang berkesempatan menjadi narasumber dalam kegiatan ini manyampaikan menganai kompleksitas data pemilih serta solusi atas permasalahan data pemilih, salah satunya dengan mendorong partisipasi aktif masyarakat untuk melaporkan jika terdapar kesalahan atau pelanggaran dalam tahapan pemutakhiran dan pengusunan daftar pemilig dalam pemilu serentak tahun 2024.

Penulis : Ulya Saida

Editor : Humas

Fotografer : Anov

Tag
Berita Bawaslu
Galeri Foto