Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Kota Jakarta Timur Gelar Deklarasi Pemilu Damai Menuju Pemilu Serentak Tahun 2024

Jakarta, Bawaslu Jakarta Timur - Pemilu serentak tahun 2024 sudah di depan mata, tahapan pemilu juga sudah berlangsung. Mulai dari tahapan pendaftaran dan verifikasi Partai Politik hingga tahapan Penyusunan Daftar Pemilih dan Pemutakhiran Data Pemilih. Dalam rangka persiapan menghadapi pemilu serentak, Bawaslu Kota Jakarta Timur dalam Kegiatan Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif menggelar Deklasi Pemilu Damai.

Deklarasi pemilu damai tersebut dilaksanakan dengan maksud agar pemilu serentak tahun 2024 dapat berjalan lancar, aman, damai dan sesuai dengan aturan perundang-undangan yang berlaku. Adapun poin-poin yang disepakati dalam deklarasi pemilu damai yang dilaksanakan pada Senin, 5 Desember 2022 di Hotel Balairung Matraman adalah sebagai berikut: (1) Mengawal proses penyelenggaraan pemilu yang dilaksanakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. (2) Senantiasa menjaga integritas dan siap berkolaborasi dengan Bawaslu dalam dalam mengawasi penyelenggaraan pemilu serentak 2024. (3) Menolak segala bentuk Politik SARA, Hoax dan ujaran kebencian yang dapat memecah belah integrasi bangsa dengan memegang teguh moral dan etika politik dengan menjunjung tinggi nilai-nilai luhur persatuan indonesia. (4) Menolak politik uang sebagai bentuk politik pragmatis sesaat yang memgancam kelangsungan pemerintahan yang bersih, jujur dan bijaksana. (5) Berpartisipasi melaporkan dugaan pelanggaran pemilu kepada Bawaslu demi mewujudkan keadilan pemilu. (6) Mendukung sinergitas dan soliditas Pemerintah Daerah, TNI, POLRI tokoh masyarakat dan seluruh elemen masyarakat demi terciptanya penyelenggaraan pemilu yang aman, damai dan kondusif di wilayah Jakarta Timur

Turut hadir dalam penandatanganan piagam deklarasi pemilu damai, pimpinan Bawaslu Provinsi Reki Putra Jaya, Kesbangpol Kota Jakarta Timur, Dewan Kota Jakarta Timur, FKUB Kota Jakarta Timur, PPUA Disabilitas, Himpinan Wanita Disabilitas, dan beberapa organisasi kepemudaan lainnya.

Penulis : Ulya Saida

Editor : Ulya Saida

Tag
Berita Bawaslu
Galeri Foto