Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Kota Jakarta Timur Lakukan Strategi Pengawasan Tahapan Pemutakhiran Data Pemilih dan Penyusunan Daftar Pemilih

Jakarta, Bawaslu Jakarta Timur - Dalam rangka sudah berlangsungnya tahapan pemutakhiran data pemilih dan penyusunan daftar pemilih, Bawaslu Kota Jakarta Timur  menyelenggarakan kegiatan Fasilitasi Pengawasan Penyelenggaraan Tahapan Pemilu. Kegiatan tersebut berlangsung pada hari Rabu, 30 November 2022 bertempat di hotel Leisure Inn Arion.

Tahapan pemutakhiran data pemilih dan penyusunan daftar pemilih merupakan tahapan kruisial yang dari pemilu ke pemilu selalu memiliki problematika yang tidak pernah terselesaikan. Salah satu problem yang terjadi tahun ini adalah permasalahan terkait keterbukaan akses yang diberikan KPU kepada Bawaslu. Kita ketahui bahwa pada tahapan ini objek yang diawasi adalah data sehingga keterbukaan akses penting kiranya diperhatikan agar proses pengawasan  merupakan tugas Bawaslu Kota Jakarta Timur dapat berlangsung dengan baik.  

Dalam kegiatan tersebut narasumber Dian Permata yang merupakan Founder Sindikasi Pemilu Demokrasi  mejelaskan harus ada “akrobat-akrobat” yang  dilakukan oleh pengawas pemilu dalam proses pengawasan yang minim akses. Pengawas pemilu bisa mendapatkan data pembanding dari instansi atau lembaga lain untuk tetep bisa melakukan fungsi pengawasan dalam tahapan  pemutakhiran data pemilih dan penyusunan daftar pemilih.  Selain itu pada kesempatan tersebut narasumber lainnya Muhammad Zaid yang merupakan pegiat pemilu menjelaskan tentang isu-isu strategis dalam pemutakhiran data pemilih dan penyusunan daftar pemilih.

Dengan dilaksanakan kegiatan ini diharapakan pengawas pemilu dapat meningkatkan kinerja pengawasan dan menemukan solusi terkait  problematika dalam pengawasan tahapan pemutakhiran data pemilih dan penyusunan daftar pemilih.

Editor : Ulya Saidah

Tag
Berita Bawaslu
Galeri Foto