Lompat ke isi utama

Berita

Buletin Tinta Demokrasi Edisi VI Tahun 2022 Bawaslu Jakarta Timur

Jakarta, Bawaslu Jakarta Timur - Puji syukur kehadirat Allah SWT atas segala nikmat dan karunianya sehingga kami team Redaksi Buletin Tintan Demokrasi Bawaslu kota Jakarta timur dapat menyajikan bulletin edisi ke VI dengan thema pengawasan pemutakhiran data pemilih dan penyusunan daftar pemilih.

Pada tanggal 14 oktober 2022 adalah awal mulainya tahapan pengawasan pemutakhiran data pemilih dan penyusunan daftar pemilih dan akan berakhir tahapan tersebut pada tanggal 21 juni 2023, Waktu yang cukup panjang kami berharap panjangnya masa tahapan ini daftar pemilih kita dapat komprehensif, inklusif, akurat, mutakhir dan terbuka.

Kenapa kita harus mengawasi penyusunan daftar pemilih? Karena kita sadar data yang diserahkan oleh Pemerintah adalah data kependudukan bukan data pemilih oleh karean itu, data tersebut harus dimutakhirkan sesuai dengan kriteria sebagai pemilih, Perubahan status kependudukan sangat dinamis misalnya saja ada yang meninggal dunia, ada yang pindah, ada yang berubah status dari sipil menjadi
anggota TNI/Polri atau sebaliknya dari TNI/Polri pensiun menjadi sipil, sudah barang tentu mereka ini menjadi punya hak pilih, bawaslu ingin memastikan semua warga negara yang sudah semestinya mempunyai hak pilih dapat mengunakan hak pilihnya tanpa terhalang karena tidak terdaftar dalam DPT.

Kami berharap dengan adanya bulletin ini masyarakat dapat tercerahkan dan mendapat pengetahuan tentang isu-isu kepemiluan serta menambah keperdulian masyarakat terhadap demokrasi di negara kita dengan ikut serta mengawasi semua tahapan pemilu.

Pun pula kami mengucapkan terima kasih atas bantuan semua pihak hingga selesainya pembuatan bulletin edisi ke VI ini dan mohon maaf atas segala kesalahan selama proses pembuatan beletin edisi ke VI ini.


Wassalamu’alaikum Warahmatullah Wabarokatuh
Marhadi
Pimpinan Redaksi

Download : File

Tag
Jurnal