Lompat ke isi utama

Berita

Ciptakan Pemilu Aman dan Damai, Bawaslu Susun Strategi Cegah Berita Bohong Di Era Post Truth

Jakarta, Bawaslu Jakarta Timur - Dalam rangka peningkatan kapasitas seluruh jajaran sekretariat, Bawaslu Jakarta Timur selenggarakan kegiatan Pengelolaan Kehumasan, Peliputan dan Dokumentasi serta Informasi Publik dengan tema Mengantisipasi Hoax/Berita Bohong Pada Pemilu Serentak Tahun 2024, bertempat di kantor Bawaslu Kota Jakarta Timur pada Selasa 31 Januari 2023.

Berita bohong atau hoax merupakan permasalahan lama yang sering kali terulang pada setiap penyelenggaraan pemilu. Mulai dari Hoax kepada penyelenggara pemilu, surat suara tercoblos dsn lain sebagainya. Maka dari itu bagaimana kita mencegah terjadi maupun tersebarnya berita bohong atau hoax secara masif menjadi strategi kita menciptakan pemilu yang aman dan damai ujar Marhadi (Koordinator Divisi Pencegahan, Parmas dan Humas Bawaslu Kota Jakarta Timur).

Menghadirkan Moh Hatta Tahir (Sekertaris SMSI) sebagai narasumber pada kegiatan tersebut, Hatta yang juga seorang vlogger memaparkan materi terkait dengan bagaimana menyikapi Hoax atau Berita Bohong di era Post Truth dimana dampak dari berita bohong sangat besar terhadap masyarakat. Media sosial sebagai wadah dimanika informasi menjadi tempat yang paling rentan terjadi hoax atau berita bohong apalagi menurut laporan Statica (2021) pengguna media sosial sudah melebihi setengah penduduk Indonesia. Untuk melawan hoax atau berita bohong tersebut kita dapat mengantisipasinya dengan membuat konten yang baik serta edukasi kepemiluan secara masif. Hatta juga mengajak peserta untuk mencermati judul berita dan berhati-hati terhadap berita yang mengandung provokasi.

Menutup kegiatan tersebut, Sakhroji (Ketua Bawaslu Kota Jakarta Timur) menyampaikan bahwa hoax atau berita bohong merupakan pelanggaran yang diatur dalam undang-undang pemilu berkaitan dengan frasa "menghina", jika terdapat unsur penghinaan dalam berita bohong yang beredar dapat diproses penanganan pelanggaran pemilu.

Penulis : Adho Rizky Filemo

Editor : Humas

Fotografer : Humas

Tag
Berita Bawaslu