Lompat ke isi utama

Berita

Konsolidasi arah kebijakan kehumasan Bawaslu menuju humas yang adaptif, informatif dan edukatif

Jakarta, Bawaslu Jakarta Timur - dalam rangka penguatan program kerja kehumasan, Bawaslu mengadakan kegiatan Rapat kerja nasional kehumasan Bawaslu tahun 2022 dengan tema konsolidasi arah kebijakan nasional kehumasan menuju humas yang adaptif, informatif dan edukatif di Balikpapan, (12/12/2022).

Koordinator Divisi pencegahan, partisipasi masyarakat, dan hubungan masyarakat Bawaslu Jakarta Timur Marhadi menghadiri kegiatan ini, hadir juga dalam kegiatan ini anggota Bawaslu Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Indonesia.

Pelaksana Harian Sekretaris Jenderal (Plh Sekjen) Bawaslu La Bayoni dalam sambutannya menyampaikan kita harus terus melatih diri kita yaitu melatih peliputan, wawancara dan penulisan berita dan pelatihan-pelatihan lainnya. Sehingga kegiatan-kegiatan kita dapat tersampaikan ke publik dan masyarakat dengan baik.

Lebih lanjut la bayoni juga menyampaika "Bangunlah citra kelembagaan Bawaslu lewat kehumasan terutama melalui media sosial. Isi dari konten media kehumasan semakin kreatif, mendidik, dan meningkatkan keterbukaan informasi dan kepercayaan publik," jelasnya saat membuka Rapat Kerja Nasional dan Anugerah Kehumasan Bawaslu Tahun 2022 di Balikpapan, Kalimantan Timur, Senin (12/12/2022).

Ia juga berharap kegiatan ini dapat memperkuat sinergisitas program kehumasan Bawaslu RI dengan Bawaslu provinsi dan Bawaslu kabupaten/kota, sehingga dapat meningkatkan motivasi dan performa humas Bawaslu di semua tingkatan menuju kehumasan Bawaslu yang adaptif, informatif, dan edukatif.

Dalam kegiatan ini, Kepala biro hukum dan hubungan masyarakat Bawaslu RI Agung Bagus Gede Bhayu Indra Atmaja menjelaskan pentingnya humas bagi sebuah lembaga seperti Bawaslu.

"Humas memiliki posisi yang sangat penting, sebagai jembatan komunikasi lembaga dengan masyarakat. Sehingga secara langsung kehumasan menentukan asas citra politik lembaga, oleh karena itu kehumasan dituntut untuk mampu memiliki manajemen komunikasi dan pengelolaan Kehumasan yang baik." Ujar agung saat memberikan sambutan dalam kegiatan Rapat kerja nasional kehumasan Bawaslu tahun 2022 di Balikpapan, (12/12/2022).

Tambahnya "Selain itu, pengelolaan informasi yang dilakukan kehumasan sangatlah penting sehingga apa yang dilakukan Bawaslu dan jajaran dibawahnya dapat tersampaikan kepada masyarakat dan peserta pemilu secara baik."

Dikesempatan yang sama Anggota Bawaslu RI Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Lolly Suhenty, S.Sos.I., M.H. mengingatkan partai politik peserta pemilu akan ditetapkan 14 Desember bersiap-siaplah untuk menjadi juru bicara kepada teman-teman media, karena pasca 14 Desember akan ada arus percepatan mengenai permohonan informasi publik dari teman- teman media yang mewakili publik.

Loly juga meminta kesiapan teman-teman Bawaslu Provinsi dan Kabupaten/kota pasca 14 Desember "Persiapan diri kita menjadi orang yang mudah diakses, persiapan diri kita menjadi orang yg terbuka akan informasi, tetapi jadikan diri kita menjadi orang yang paham batasan informasi. Karena sebebas-bebasnya informasi dia tetap masih memiliki batasan seperti informasi yang dikecualikan yang harus kita anut dan patuhi bersama-sama." Tambahnya.

Dengan pena kita bisa warnai dunia, dengan jari kita bisa menari-nari memberikan informasi yang terbaik bagi masyarakat - Lolly Suhenty, S.Sos.I., M.H.

Penulis : Tuharyadu

Editor : Tuharyadi

Tag
Berita Bawaslu