Lompat ke isi utama

Berita

Panwaslu Kecamatan se-Jakarta Timur Melantik Panwaslu Kelurahan/Desa

Jakarta, Bawaslu Jakarta Timur - Panwaslu Kecamatan se-Jakarta Timur melantik 65 Panwaslu Kelurahan/Desa se-Jakarta Timur secara serentak yang difasilitasi oleh Bawaslu Kota Jakarta Timur pada tanggal 6 Ferbruari 2023.

Acara pelantikan dihadiri oleh jajaran pengawas pemilu di wilayah Jakarta Timur serta tamu undangan yang diantaranya:

  1. Bawaslu Provinsi DKI Jakarta
  2. Kesbangpol Jakarta Timur
  3. Aspem Jakarta Timur
  4. KPU Jakarta Timur
  5. Kapolres Jakarta Timur
  6. Kejari Jakarta Timur
  7. Dandim 0505
  8. Satpol PP Jakarta Timur
  9. BNN Jakarta Timur
  10. Camat se Jakarta Timur
  11. 65 Lurah se Jakarta Timur

Kemudian dalam rangka meningkatkan pemahaman terhadap tugas, kewenangan dan kewajiban Panwaslu Kelurahan/Desa setelah dilantik, Bawaslu Kota Jakaarta Timur melanjutkan agenda pelantikan dengan rangkaian agenda bimbingan teknis.

Secara umum, materi bimbingan teknis dilakukan untuk memperkuat pemahaman berkaitan dengan tupoksi dan wewenang Panwaslu Kelurahan/Desa, netralitas dan independensi pengawas pemilu, strategi pengawasan dan dinamika pengawasan pemilu di lapangan. Kemudian secara spesifik, bimtek yang dilakukan menekankan pada persiapan Panwaslu Kelurahan/Desa dalam menghadapi tahapan pemilu yang terdekat yaitu pelaksanaan verifikasi faktual dukungan calon DPD dan Coklit dalam tahapan Pemutakhiran Daftar Pemilih.

Koordinator divisi SDM, Organisasi dan Diklat Tami Widi Astuti menyampaikan bahwa "Panwaslu Kelurahan/Desa yang telah dilantik dapat memperkuat koordinasi dengan stakholders serta mempersiapkan diri dalam rangka memperkuat pemahaman dalam menghadapi pengawasan tahapan pemilu di tingkat Kelurahan/Desa yang akan dilaksanakan".

Bawaslu Kota Jakarta Timur berharap, Panwaslu Kelurhan/Desa yang terpilih dapat menjaga netralitas dan kemandiriannya sebagai pengawas pemilu di tengah godaan yang berpotensi menggangu integritas Panwaslu Kelurahan/Desa dalam menjalankan tugasnya di lapangan.

Penulis : Romi Maulana

Editor : Humas

Fotografer : Humas

Tag
Berita Bawaslu
Galeri Foto