Lompat ke isi utama

Berita

Rapat Fasilitasi Pembinaan dan Penguatan Kelembagaan Bawaslu Kota Jakarta Timur

Jakarta, Bawaslu Jakarta Timur – Dalam rangka penguatan kapasitas pengawas pemilu dalam mengawasi pelaksanaan tahapan pemilu serentak tahun 2024, Bawaslu Kota Jakarta Timur mengadakan Rapat Fasilitasi Pembinaan dan Penguatan Kelembagaan Bawaslu Kabupaten/ Kota dengan mengundang Jajaran Ketua, Anggota dan Kepala Sekretariat Panwaslu Kecamatan serta Panwaslu Kelurahan/ Desa Wilayah Jakarta Timur. Bertempat di Leisure Inn Arion Hotel, pada hari Kamis (16/03/2023).

Dalam sambutannya ketua Bawaslu Kota Administrasi Jakarta Timur menyampaikan “Visi Bawaslu menjadi lembaga pemilu yang terpercaya, kalau kita tidak dipercaya oleh masyarakat maka hasil-hasil pemilu juga tidak dipercaya, dalam perjalanan menuju kepercayaan tersebut maka kita melakukan penguatan kelembagaan, meningkatkan kapasitas, dan faham tugas kita dalam pengawasan, pencegahan dan penindakan, sehingga kita harus banyak belajar dan diskusi bersama. sehingga masyarakat percaya kepaa Bawaslu dalam pengawasan sesuai dengan aturan yang ada.

Bawaslu Kota Jakarta Timur turut mengundang Narasumber Expert yakni Angga Ulung Tranggana dari Redaktur RMOL.id yang menyampaikan materi terkait dengan Partisipasi ideal yang diharapkan oleh Bawaslu dan Kondisi Pemilu Kemarin Dari Pantauan Media serta Peran Millenial Dalam Pengawasan. “Peran milenial dalam pengawasan dapat dilakukan setidaknya melalui dua pendekatan yakni Pendekatan Kultural dan Pendekatan Struktural, Saluran dan sarana dalam pengimplementasian kedua pendekatan tersebut dapat dilakukan melalui pertemuan umum, konten edukatif di media sosial, relawan siber, membuat acara deklarasi kampung anti politik uang, dan juga secara konsisten mendorong peran penyelengara pemilu dalam penegakan hukum pemilu, dengan membuat pelaporan pada setiap dugaan tindak pelanggaran pemilu serta menjalin kemitraan strategis dengan penyelenggara pemilu” pungkas Cak Ulung.

Kemudian Narasumber kedua adalah Maskurudin Hafidz Founder CM Management yang menyampaikan materi terkait dengan strategi pengawasan, pencegahan dan penindakan yang dilakukan oleh Pengawas Pemilu untuk menghadapi pemilu serentak tahun 2024. Beliau mengungkapkan bahwa “Sabtu dan minggu itu menjadi waktu sangat utama menjadi waktu kampanye, tapi bagi pengawasan pemilu jadi waktu yang optimum untuk melakukan pengawasan jadi berdasarkan dari aspek waktu pengawas pemilu buka separuh waktu tapi sepanjang waktu dan sewaktu-waktu” pungkas Cak Maskur.

Selanjutnya tengah hadir Anggota Bawaslu Provinsi DKI Jakarta yakni Bapak Burhanudin, S.E., S.H., M.M. yang menegaskan bahwa “Bawaslu telah mengadakan rapat dengar pendapat (RDP) bersama Komosi II DPR RI dengan Menteri Dalam Negeri, Komisi Pemilihan Umum RI dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum RI, dalam rapat tersebut Komisi II DPR RI Bersama dengan KPU RI, Bawaslu RI, dan DKPP Ri mengambil sikap untuk tetap melanjutkan tahapan pemilu Tahun 2024 sesuai yang diamanatkan oleh UUD 1945” pungkas Burhan.

Pewarta : Arinta Chairani.

Editor : Romi Maulana.

Tag
Berita Bawaslu
Galeri Foto