Lompat ke isi utama

Berita

Tingkatkan pengawasan partisipatif, Bawaslu gandeng Tokoh Masyarakat dan Mahasiswa untuk ikut pengawasan partisipatif Pemilu’

Jakarta, Bawaslu Jakarta Timur - Dalam rangka meningkatkan pengawasan partisipatif di wilayah kota jakarta timur. Bawaslu Jakarta tImur mengadakan kegiatan sosialisasi pengawasan Pemilu Tahun 2024 dengan mengundang tokoh masyarakat dan mahasiswa.

Anggota Bawaslu Jakarta Timur Taufik Hidayatullah menyampaikan keterlibatan masyarakat sangat dibutuhkan dalam pengawasan Pemilu khususnya Pemilu Serentak tahun 2024.

“Kami dari Bawaslu tentunya jika tidak ada pastisipasi Masyarakat akan kurang maksimal. Oleh karena itu keterlibatan seluruh Masyarakat sangat dibutuhkan dalam pengawasan partisipatif ini.” Ujar Taupik Hidayatullah saat menyampaikan sambutannya dalam kegiatan sosialisasi pengawasan Pemilu Tahun 2024 di kantor sekretariat Bawaslu Jakarta Timur (11/9).

Lebih lanjut, Anggota Bawaslu Provinsi DKI Jakarta Sakhroji juga menyampaikan pentingnya partisipatif masyarakat dalam pemilu khususnya terkait pemutakhiran data data pemilih.

“Perlu mendapat perhatian dari kawan semua agar tidak ada kekurangan. Tahapan pemutakhiran yang terpenting adalalah mengenai pendataan DPT. Bagi penduduk pendatang, diharapkan segera mengurus dan mendaftar sebagai DPTb. Waktunya cukup Panjang sampai H-30 dan jika sakit bisa sampai H-7. Caranya adalah datang ke kelurahan untuk didata sebagai DPTb. Jangan sampai ada komplen bahwa KPU dan Bawaslu tidak melayani terkait DPTb.”kata Sakhroji saat menyampaikan sambutannya.

Anggota Bawaslu Republik Indonesia Puadi juga berpesan kepada seluruh masyarakat untuk dapat kritis serta ikut adil dalam mengawasi penyelenggaraan pemilu beserta anggotanya baik di KPU ataupun Bawaslu.

“Masyarakat diharapkan dapat kritis, bila perlu penyelenggaraan pemilu juga diawasi beserta Anggotanya baik di KPU ataupun Bawaslu. Kontrol Masyarakat ini penting, jangan sampai output nya disalah gunakan. Mohon agar Mahasiswa, Masyarakat dan Tokoh Mayarakat pantau jika ada petugas yang “Masuk Angin”, jika melihat hal tersebut dimohon untuk segera melaporkan dengan cara memfoto.“ tegas puadi dalam kegiatan sosialisasi pengawasan Pemilu Tahun 2024 di kantor sekretariat Bawaslu Jakarta Timur (11/9).

Dalam kesempatan itu, Puadi juga mengajak mahasiswa turut melakukan pengawasan partisipatif Pemilu 2024. Mahasiswa mengawasi pemilu sangat penting guna memastikan Pemilu 2024 semakin berintegritas.

“Tolong mahasiswa dan Tokoh Masyarakat harus selalu dilibatkan, kegiatan ini harus ada hasilnya. Harus ada tindak lanjut karena kedepan akan ada perekrutan panitia PTPS, mahasiswa harus dilibatkan.”

Editor : Humas

Fotografer : Yadi

Tag
Berita Bawaslu
Galeri Foto